DESA NGALIYAN KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH INDONESIA

LETAK GEOGRAFIS


Desa Ngaliyan memiliki luas wilayah 195,93 Ha dan terdiri dari 4 dukuh yakni, Dukuh Genting, Dukuh Sigelap, Dukuh Ngaliyan serta Dukuh Krangkoan. Desa Ngaliyan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. Jarak ke ibu kota kecamatan dari Desa Ngaliyan sekitar 4 km sedangkan, jarak ke ibu kota kabupaten dari Desa Ngaliyan sekitar 40 Km. Batas administrasi Desa Ngaliyan adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara    :  Desa Amgongrogo
Sebelah Selatan  :  Desa Lobang
Sebelah Barat     : Desa Sukorejo
Sebelah Timur    : Desa Rejosari Barat

Morfologi
Desa Ngaliyan berada pada pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 27 Mdl. Hal ini dikarenakan Desa Ngaliyan memiliki bentang alam yang berbukit.

Klimatologi
Terdapat beberapa faktor penting yang mempengaruhi klimatologi wilayah yakni curah hujan dengan temperature. Temperatur aau suhu udara di Desa Ngaliyan yakni 360C. Sedangkan keadaan curah hujan rata – rata di Desa Ngaliyan adalah sebesara 2000 mm/tahun. Dengan curah hujan tersebut dapat menanndakan bahwa intensitas hujan di Desa Ngaliyan memiliki klasifikasi sangat rendah.

Penggunaan Lahan
Penggunaan lahan yang terdapat pada Desa Ngaliyan sebagian merupakan kawasan persawahan. Hal ini ditunjukan dengan mata pencaharian masyarakat di Desa Ngaliyan yakni sebagai petani. Sedangkan presentase luas penggunaan lahan terkecil di Desa Ngaliyan adalah kawasan fasilitas umum. Berikut adalah penggunaan lahan yang terdapat di Wilayah Desa Ngaliyan.