DESA NGALIYAN KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH INDONESIA

PENDIDIKAN


          Pembangunan pada sektor pendidikan bertujuan untuk meningkatakan kualitas manusia yang cerdas dan terampil yang diikui rasa percaya diri sendiri serta sikap dan perilaku inovatif, disamping itu merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia yang berlangsung seumur hidup dan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakt.
          Perkembangan tingkat partisipasi sekolah haruslah diimbangi dengan penyediaan sarana fisik pendidikan maupun tenaga guru yang memadai. Tabel di bawah menyajikan gambaran yang jelas mengenai jumlah sekolah SD, MI dan TK yang berada pada desa Ngaliyan.

          Pembangunan budaya diupayakan untuk pembinaan, pengembangan dan kelestarian budaya daerah sebagai budaya integral irasional. Kelompok-kelompok seni budaya, termasuk budaya tradisional terus dimotivasi dan didorong semangatnya untuk menekuni seni yang diminatinya, dengan menonjolkan pengembangan kreasi dalam rangka memenuhi keinginan masyarakat yang haus akan inovasi.
          Sebagai upaya kelestarian budaya dan kesenian, di Desa Ngaliyan telah ada keompok kesenian daerah dan moderen antara lain :
1.     Kesenian Rebana
2.     Kesenian Barongan
3.     Kesenian Drum Band untuk Anak Remaja